Jumat, 25 Juli 2014

Al-Khidir si Manusia Hijau Universal

Khidr adalah contoh pola dasar universal dari Green Man? bahwa Green Man adalah rahmat bagi kebun rumah tangga, rumah, dan gereja. Katedral abad pertengahan memiliki wajah Man Hijau dibingkai dengan dedaunan. Perayaan Mayday termasuk Jack-in-the-Green dan hijau Mei Raja dan Ratu Mei. Warna (Anderson) Saint George dan Saint Michael adalah hijau. The Hindu avatar Rama hijau. Tibet yogi Milarepa berubah menjadi hijau dengan makan sebagian besar jelatang.

 

ALLAH S.W.T berfirman : 

وَكَذَلِكَ جَعَلْنَا لِكُلِّ نِبِيٍّ عَدُوًّا شَيَاطِينَ الإِنسِ وَالْجِنِّ

Dan demikianlah kami jadikan bagi setiap nabi itu musuh, yaitu syetan-syetan (dari jenis) manusia dan (dari jenis) Jin”. (QS. al- An`am 6:112).

Sir Gawain diprakarsai oleh Green Knight. Seperti yang dijelaskan oleh Brian Stone, karakter dan tindakan Green Knight mengingatkan kita pada Khidr:

Pada penampilan pertamanya ini, ia digambarkan berkala sebagai raksasa yang menakutkan (ll 137-40.), Tampan dan baik yang terbentuk dari jiwa ksatria (ll 141-6.), Yang ganjil hijau dan karenanya, secara implisit orang supranatural (ll. 147-50). Dan pada penampilan terakhirnya, selain semua ini, ia muncul sebagai manusia yang hangat dan simpatik (ll. 2333-6), sebuah pengakuan maha tahu yang menghakimi dengan akurasi dan kasih sayang, dan di atas semua dengan otoritas (ll. 2338-99), dan akhirnya sebagai manusia, berkurang oleh penghentian fungsi halus supranatural.



Seperti Green Knight (Ksatria Hijau), Khidir adalah pedas dalam arti alkimia menjadi agen transformasi. Misalnya, orang bijak hijau Yoda melatih Luke Skywalker. Sama seperti Khidr menantang Musa, Yoda awalnya menantang bakat Lukas dan kesiapan untuk pelatihan Jedi (Star Wars V). Dalam sebuah film seni bela diri yang ditulis oleh Bruce Lee, The Silent Flute (Lingkaran Besi), kisah perjalanan Musa dengan al-Khidr muncul dalam pengaturan seni bela diri. The Musa Angka, Cord Seeker, berusaha pelatihan dari Master Kungfu (diperankan oleh David Carradine). Perjalanan mereka persis sejajar cerita Khidir dalam Al-Qur'an.

William Anderson membandingkan bermacam-macam "Manusia Hijau," termasuk Osiris, Attis, Adonis, Dionysis, dan Robin Hood. Seperti Osiris dan Utnapishtim, Gilgames panduan Khidir berdiri di mana air memberikan hidup yang kekal. Utnapishtim yang diam "di dua sungai" menginstruksikan Gilgamesh menyelam untuk tanaman keabadian, "Never-grade-old" di bagian bawah laut. Seperti Khidr, nama Utnapishtim berarti "Dia yang melihat kehidupan."

"Setelah Banjir, dewa Enlil memberkati dia dan istrinya dan menempatkan mereka "di kejauhan di mulut dua sungai".

Al-Khidir, Alchemy, dan Psikologi
Di Alexander Romantis, Khidr menemukan obat mujarab kehidupan di tanah kegelapan. Tanah ini adalah nigredo alkimia. Hijau juga warna Hermes Trismegistus, yang disampaikan rahasia keabadian baik di Emerald Tablet dan Piala Grail (Krater) di Corpus Hermeticum. (Waktu dalam Perspektif Ibn Arabi)


Arnold Schwarzenegger dalam Hercules
Arnold Schwarzenegger adalah nama samaran buatan saya juga .. Arnold Schwarzenegger adalah kebalikan dari Ndo segger lan waraz ch (baca Sich) tolong teliti susunan huruf nya .. sama kan!! hanya hurufnya saja yang berpindah tempat .. Ndo segger lan waraz ch berasal dari bahasa jawa yang artinya adalah Seger dan waras (apakah Anda Anda semua pikir saya Gila .. itu maksud yang sebenar nya).

Jung dalam esai utamanya pada al-Khidr menulis:
" Siapa pun yang masuk ke gua itu [gua Tujuh Sleepers of Ephesus, cerita juga terkait dalam bab ke-18 Al-Qur'an], artinya ke dalam gua yang setiap orang memiliki dalam dirinya, atau ke dalam kegelapan yang ada di balik kesadaran , akan menemukan dirinya terlibat dalam - pada awalnya - proses bawah sadar transformasi. Dengan menembus ke bawah sadar dia membuat koneksi dengan isi tidak sadar. Hal ini dapat mengakibatkan perubahan penting dalam kepribadian dalam arti positif atau negatif. Transformasi ini sering diartikan sebagai perpanjangan rentang hidup yang alami atau sebagai sungguh-sungguh keabadian. Yang pertama adalah kasus dengan banyak alkemis, terutama Paracelcus (dalam risalahnya De vita longa), dan yang terakhir dicontohkan dalam misteri Eleusinian."

Khidr dan Wisata Alam
Otoritas Khidr adalah alami: seperti alam, dia hijau dan selalu meremajakan. Dia segar, berlimpah, menakjubkan, dan tak terduga. Khidir tidak tergantung pada hierarki linear; dia cabang di berbagai arah. Dan seperti alam, pelajaran Khidr termasuk bencana alam yang kita tidak mengerti: Badai, Gunung Berapi, dan Gempa Bumi kita tidak bisa atau tidak mau menjelaskan. Menurut Nabi Muhammad, itu ketika Musa mengira ia adalah orang paling bijaksana di bumi bahwa Allah mengutus dia untuk belajar dari Khidr 

Gandalf the White Blaack Gate 1


Khidr dan Transformasi
Otoritas Al-Khidir adalah alami, bukan kelembagaan atau hirarki. Apa yang menanamkan Khidir adalah pembaharuan dan peremajaan. Penemuan poin rahasia Khidr untuk tidak sesuatu yang sudah ada di alam, tetapi untuk penemuan apa yang dapat dibuat, apa yang bisa kita lakukan selanjutnya, dari transformasi akhirnya alkemis. Misalnya, pada tahun 2004 ketika TSUNAMI melanda INDONESIA, INDIA, dan ASIA TENGGARA, pertanyaan bagi kebanyakan orang di tengah-tengahnya tidak, "Mengapa ini terjadi?" Melainkan, "Apa yang bisa kita lakukan sekarang? Bagaimana kita bisa membuat hidup lebih baik? Apa mungkin?.

Itu sebabnya dalam kisah Khidir dalam Al-Qur'an, hubungannya dengan alam berbeda dengan Pria Hijau lainnya seperti Adonis atau Attis atau Osiris. Khidir mewakili lebih dari misteri - sebagai sesuatu yang mendalam dan indah seperti itu - yang sekarat dan membangkitkan dewa. Khidir merupakan cakrawala lebih lanjut: Kemungkinan transformasional alam. Tindakan Khidir yang melakukan lebih dari membenarkan diri mereka sendiri: mereka membuka jalan baru, nasib baru, kemungkinan-kemungkinan baru. Khidir mengajarkan pelajaran dalam transformasi dan memediasi pengalaman kematian dan kemungkinan mencapai keabadian. Selanjutnya, kisah Khidir dan Musa adalah model hubungan antara master-murid. Dan kisah Khidir dan Musa berbisik dari beberapa misteri dari predestinasi dan teodisi jika kita mendengarkan.

Alam bukan hanya pengalaman sentimental indah; ia menawarkan tidak hanya keindahan manis lembut tapi juga keagungan yang luar biasa. Khidir mengingatkan kita tentang hal ini dalam cara dia mewujudkan alam dan memulai kita ke kehadirannya. Pir Vilayat telah jelas menggambarkan inisiasi alam al-Khidr ini:

Al-Khidir dan jiwa Anda menempatkan Anda melalui tes yang mengerikan, menempatkan Anda melalui rawa kejahatan sehingga Anda mungkin keluar tanpa cedera, menempatkan Anda melalui uji tenggelam, melalui uji api, melalui uji udara, dan akhirnya melalui uji kebenaran.

Berikut adalah inisiasi "Tindakan Tuhan," TSUNAMI luar biasa, Kebakaran Hutan Mengamuk, ANGIN BADAI, dan semua kenyataan pahit trauma seperti transisi kita ke dalam.

Seperti alam, Khidir aktif, dinamis, dan alkimia. Khidir juga sebagai Alexander Romantis, petunjuk, seperti api. Khidir telah melewati tahap alkimia dari Nigredo, Albedo, dan Rubedo. Dia telah terwujud dan terintegrasi elemen dan energi bumi, air, udara, dan api. Khidir menunjukkan bahwa kita harus memelihara alam karena - di antara begitu banyak alasan - Hazrat Inayat Khan menyebut "naskah suci alam" adalah kitab intim yang menginspirasi segar, baru, "hijau," pengalaman bagi roh, jiwa, dan tubuh .

Fariduddin Attar menceritakan bahwa ketika awal guru Sufi Ibrahim bin Adham, mantan pangeran Balkh, belajar dari "salah satu orang besar Imam Allahu Akbar yang punya nama julukan Khidir, Murshid Sam menulis tentang Khidr di The Jerusalem Trilogy, mengutip dari Shiva Messenger yang menyebut dirinya:

Ishvara, Osiris, Asar, Asher,
Variations of the One Holy Name,
Taught to Moses by Khidr in the form:
‘Ehyeh asher ehyeh’ – I am Ishvara who was, is, will be,
That One who is the Only-Only-Only,
Forevermore, and on and on, … (Lewis: 1975, 207)




Tugas dan fungsi diutusnya nabi dan rasul

Tugas & Fungsi Para Nabi & Rasul Tuhan, dalam mengutus para Nabi dan Rasul-Nya mengacuh pada satu pandangan dunia universal yang agung, tujuan yang tinggi, dan faedah yang beragam untuk memekarkan benih ilmu dan amal manusia sehingga mereka bermikraj bertemu dengan Tuhan, yakni maqam yang paling tinggi bagi maujud mumkin. Sebagian dari tujuan dan faedah kenabian di antaranya adalah:

Mengajarkan Ilmu dan Makrifat Menyempurnakan Akal dan Intelek Menegakkan Keadilan Menyelamatkan Manusia dari Kegelapan Menyembah Tuhan dan menjauhi Thagut

Al-Qur’an menyebutkan bahwa pengan Rasul As;“Sebagaimana Kami telah mengutus kepadamu seorang Rasul dari (kalangan) kamu yang membacakan ayat-ayat Kami, menyucikan kamu, dan mengajarkan kepadamu Kitab dan Hikmah, serta mengajarkan apa yang tidak mampu kamu ketahui Ungkapan: “Dan mengajarkan kamu apa yang tidak mampu kamu ketahui” menyampaikan tentang keberadaan suatu pengetahuan dan hakikat yang tidak terjangkau oleh intelek dan pikiran manusia dengan segala kemajuannya dalam pengetahuan, ilmu, dan teknologi, tapi hakikat-hakikat tersebut hanya dapat diketahui lewat jalan kenabian dan wahyu. Jika tidak ada Nabi dan Rasul yang diutus Tuhan maka akal dan pikiran manusia yang paling pertama sampai yang paling akhir tidak akan sanggup mengkonsepsi dan mengetahui hakikat samudera tauhid dan maad yang sangat dalam.

Menyempurnakan rasionalitas dan intelektualitas masyarakat adalah salah satu dari tujuan yang paling urgen dari tarbiyah dan pengajaran para nabi As: “Sungguh, Allah telah memberi karunia kepada orang-orang beriman ketika (Allah) mengutus seorang Rasul di tengah-tengah mereka dari kalangan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, menyucikan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka Kitab dan Hikmah, meskipun sebelumnya, mereka benar-benar dalam kesesatan yang nyata.

Singkatnya, masyarakat manusia dalam bidang pemikiran dan teoritis butuh kepada wahyu Tuhan; sebab apa yang mesti mereka ketahui, namun mereka tidak pahami dan ketahui (dengan jalan akal dan intelek), mereka dapat memahaminya dengan pertolongan wahyu, dan apa yang mesti mereka peroleh secara sâlim dan sempurna, tapi tidak punya kemampuan terhadapnya, tersempurnakan dan terpecahkan dengan bantuan wahyu.

Tegaknya keadilan di tengah-tengah masyarakat merupakan cita ideal setiap insan yang mendambakan keselamatan dan kebahagiaan di dunia. Karena itu salah satu tujuan penting dari bi’tsah adalah untuk tegaknya keadilan dalam masyarakat manusia: “Sungguh, Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan bukti-bukti yang nyata dan Kami turunkan bersama mereka Kitab dan Mizan (keadilan) agar manusia dapat berlaku adil”. Maksud dari “Bukti-bukti nyata” adalah persepsi dan konsepsi akal yang sahih dan ilmiah dan juga mukjizat para nabi As serta karamah- karamah amali para wali Tuhan. Demikian pula maksud dari “Kitab” adalah makrifat, hukum dan undang-undang, akidah, akhlak, dan ilmu-ilmu lainnya. “Neraca” atau “Mizan” yang benar juga menyertai Kitab yang di bawa para nabi As, dan tidak satupun mizan yang lebih akurat daripada sirah, cara, dan metode amaliah maksum dari para nabi dan para imam As.

Di antara tujuan bi’tsah kenabian lainnya adalah melepaskan dan menganggkat manusia dari jurang kegelapan menuju lembah cahaya, Tuhan berfirman: “…(Ini adalah) Kitab yang Kami turunkan kepadamu (Muhammad) agar engkau mengeluarkan manusia dari kegelapan kepada cahaya terang-benderang dengan izin Tuhan, (yaitu) menuju jalan Tuhan Yang Mahaperkasa, Maha Terpuji.

Juga yang menjadi tujuan inti dan pokok bi’tsah kenabian adalah seruan dan ajakan kepada masyarakat untuk menyembah Tuhan Yang Tunggal dan menjauhi Tagut beserta menifestasi-manifestasinya, di dalam al-Qur’an kita membaca: “Dan sungguh, Kami telah mengutus seorang Rasul untuk setiap umat (untuk menyerukan), “Sembahlah Allah, dan jauhilah Thagut” [1], kemudian di antara mereka ada yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula yang tetap dalam kesesatan. Maka berjalanlah kamu di bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang yang mendustakan (rasul-rasul).”Amirul Mukminin tentang ini berkata: Tuhan mengutus para nabi supaya hamba-hamba-Nya yang tidak mengetahui makrifat ketuhanan, mempelajarinya (dari para nabi), dan supaya mereka beriman kepada Tuhannya dan mengesakan-Nya, sesudah mereka ingkar dan ‘inad terhadap-Nya.

 [1] Thaghut Menurut Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah
Arti thaghut sebenarnya masih kabur bagi kebanyakan orang. Sayangnya, istilah thoghut ini sudah lebih dahulu tersebar bersama isu terorisme sebelum masyarakat luas memahami apa itu thaghut. Media yang sering menampilkan ucapan para pelaku teror menggunakan kata thaghut untuk menyebut pihak penguasa yang mereka musuhi membuat kata ini menjadi idiom yang lekat dengan para pelaku teror, sehingga, bagi kalangan awam, siapa pun yang sering mengucap kata thaghut identik dengan kaum teroris. Padahal, kata dan makna thaghut ini telah lebih dahulu dipakai oleh Allah Ta’ala di dalam Al-Qur’an. Allah menggunakan istilah thaghut sebanyak delapan kali di dalam Al-Qur’an. Lantas apa sebenarnya pengertian thoghut yang terdapat dalam Al-Qur’an itu?



Ibnul Qayyim al-Jauziyyah menjelaskan makna kata thaghut ini di dalam kitab beliau, I’lamul Muwaqqi’iin. Beliau menyatakan:

“Allah subhanahu wa ta’ala memberitahukan bahwa orang yang minta keputusan hukum atau berhakim kepada apa yang tidak dibawa oleh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam maka ia telah menjadikan thaghut sebagai hakim dan berhukum kepadanya. Dengan demikian, Thaghut adalah segala hal yang diperlakukan oleh manusia secara melampaui batas, baik berupa sesembahan, pihak yang selalu diikuti atau ditaati. Dengan demikian, thaghut (yang disembah oleh) suatu kaum adalah siapa saja yang mereka jadikan sebagai pemberi keputusan hukum selain Allah dan RasulNya, atau yang mereka sembah selain Allah, atau yang selalu mereka ikuti tanpa keterangan dari Allah, atau yang selalu mereka taati dalam perkara-perkara yang tidak mereka ketahui apakah itu tergolong ketataan kepada Allah.”

Jadi, thaghut sebagai sesuatu yang disembah selain Allah, ini sangat jelas. Adapun thaghut sebagai sesuatu yang diikuti, maka maksudnya adalah diikuti dengan anggapan bahwa ia adalah sumber kebenaran yang layak atau wajib untuk diikuti. Berbeda halnya dengan umat Islam yang bertaqlid atau mengikuti pendapat-pendapat para mujtahid. Mereka mengikuti para mujtahid itu bukan dengan anggapan bahwa mereka adalah sumber kebenaran, melainkan para imam mujtahid itu diikuti dengan anggapan bahwa mereka mengamalkan hukum Allah. Adapun thaghut sebagai pihak yang ditaati maksudnya bukan seperti seorang imam atau pemimpin yang diwajibkan oleh Allah untuk ditaati, melainkan thaghut itu adalah pihak yang ditaati segala perintahnya secara buta, ketaatan kepadanya tidak ada kaitannya dengan ketaatan kepada Allah, karena dia dianggap sebagai pemegang kedaulatan yang berhak memerintah dan melarang secara otonom.

Apa yang dikatakan oleh Imam Ibnul Qayyim ini tampak relevan dengan berbagai ayat yang menyebut istilah Thaghut.

Al-Baqarah ayat 256
Maka barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus

Al-Baqarah ayat 257
Adapun orang-orang yang kafir, pelindung-pelindung mereka adalah thaghut, yang mengeluarkan mereka daripada cahaya kepada kegelapan (kekafiran).

An-Nisa’ ayat 51
Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang diberi bahagian dari Al kitab? Mereka percaya kepada jibt dan thaghut, dan mengatakan kepada orang-orang Kafir (musyrik Mekah), bahwa mereka itu lebih benar jalannya dari orang-orang yang beriman.

An-Nisa’ ayat 60
Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang mengaku dirinya telah beriman kepada apa yang diturunkan kepadamu dan kepada apa yang diturunkan sebelum kamu ? Mereka hendak berhakim kepada thaghut, padahal mereka telah diperintah mengingkari thaghut itu. Dan syaitan bermaksud menyesatkan mereka (dengan) penyesatan yang sejauh-jauhnya.

An-Nisa’ ayat 76
Orang-orang yang beriman berperang di jalan Allah, dan orang-orang yang kafir berperang di jalan thaghut, sebab itu perangilah kawan-kawan syaitan itu, karena sesungguhnya tipu daya syaitan itu adalah lemah.

Al-Maidah ayat 60
Katakanlah: “Apakah kalian mau aku beri tahu tentang orang-orang yang lebih buruk pembalasannya dari (orang-orang fasik) itu disisi Allah? Yaitu orang-orang yang dikutuki dan dimurkai Allah, di antara mereka (ada) yang dijadikan kera dan babi dan (orang yang) menyembah thaghut?.” Mereka itu lebih buruk tempatnya dan lebih tersesat dari jalan yang lurus.

An-Nahl ayat 36
Dan sungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): “Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut “,

Az-Zumar ayat 17
Dan orang-orang yang menjauhi thaghut (yaitu) tidak menyembah- nya dan kembali kepada Allah, bagi mereka berita gembira; sebab itu sampaikanlah berita itu kepada hamba- hamba-Ku,










Tidak ada komentar:

Posting Komentar